Minggu, 19 April 2009

TATA KELOLA KEUANGAN SEKOLAH


I. PENDAHULUAN

Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) meski memberi otonomi kepada sekolah dalam berbagai aspek namun belum banyak dipraktekkan, pelaporan keuangan sebagai bagian dari MBS, adalah salah satu indikator akuntabilitas sekolah yang dapat disusun secara komprehensif untuk dapat meningkatkan pengendalian intern (internal control). Secara umum prosedur untuk meningkatkan pengendalian intern memiliki dua tujuan utama, yaitu:
1. Melindungi assets sekolah (terutama kas dan persediaan) dari kecurangan;
2. Meyakinkan bahwa pencatatan dalam akuntansi sudah akurat dan lengkap.

Tujuan pertama sangat tergantung dari personalia sekolah, namun dengan, peluang untuk berbuat curang dapat dikurangi. Untuk mencapai tujuan kedua, sistem akuntansi harus disusun terkomputersasi, agar dapat memproses dan validasi data secara otomatis dan lebih cepat.

Karena sekolah negeri tidak dapat sepenuhnya mengandalkan dana Pemerintah, Sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dengan mencari sumber pembiayaan di luar Pemerintah. Dana non pemerintah harus dikelola dengan prinsip akuntabilitas dan transparansi atau biasanya disebut sebagai Good School Governance .

II. UNTUK SIAPA PELATIHAN TATA KELOLA KEUANGAN SEKOLAH

1. Pelatihan ini berguna untuk pengambil keputusan dalam lingkungan pemerintah Provinsi / Kabupaten / Kota dan sekolah yang meliputi Dinas Pendidikan dan Dinas terkait. Kepala Sekolah maupun Komite Sekolah.

2. Pelatihan ini berguna untuk bendahara sekolah agar dapat memahami dan memiliki keterampilan dalam mengelola keuangan sekolah serta hal-hal yang berkaitan dengan masalah perpajakan.

3. Pelatihan ini berguna untuk bendahara sekolah khusus bagian akuntansi agar faham dan terampil menyusun laporan keuangan sekolah

III. MENGAPA PELATIHAN TATA KELOLA PENTING

Pelatihan ini bertujuan membantu peserta agar dapat:
1. Memahami konsep Akuntansi Sekolah sesuai dengan standar akun- tansi yang berlaku
2. Mengelola keuangan sekolah dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada.
3. Menyusun Laporan Keuangan Sekolah yang memuat kekayaan, kewajiban, dan kegiatan yang telah dilaksanakan sekolah.
4. Menyusun Laporan Keuangan Sekolah yang siap untuk diaudit dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

IV. DISAIN PELATIHAN

Program pelatihan akuntabilitas keuangan sekolah diarahkan kepada semua pemegang otoritas keuangan sekolah karena mengikuti filosofi pendidikan yang memberdayakan (empowerment) dan mencerahkan (enlightment) manusia serta memandang hidup sebagai rangkaian dari proses belajar berkelanjutan (long life learning), meliputi:

1. Pembenahan Pengelolaan Keuangan Sekolah.
Meliputi hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan sekolah seperti manajemen kas, penyusunan anggaran sekolah, dan kebijakan pembiayaan sekolah.

2. Standarisasi Pelaporan Keuangan Sekolah.
Meliputi teknik-teknik penyusunan Laporan Keuangan Sekolah terstandar yang lebih komprehensif berkaitan dengan akuntansi
keuangan sekolah dari transaksi keuangan sekolah sampai dengan penyusunan laporan keuangan.

3. Peningkatan Pengendalian Internal
Meliputi penyusunan standar operasi dan prosedur keuangan sekolah, peran penanggung jawab anggaran keuangan, teknik membaca laporan keuangan

V. TATA WAKTU DAN BEBAN KERJA

Memperhatikan arah desain program di atas, maka pelatihan diarahkan menjadi:

A. PELATIHAN BAGI KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH
1. Pelatihan ini berguna untuk pengambil keputusan dalam lingkungan sekolah yang meliputi Kepala Sekolah, Komite, maupun Dinas Pendidikan dan Dinas terkait.
2. Pelatihan ini memberi bekal kepada peserta agar faham pentingnya akuntabilitas keuangan sekolah dan faham teknik-teknik membaca Laporan Keuangan Sekolah sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
3. Metode pelatihan didesain dengan model ceramah dan studi kasus dengan dipandu oleh fasilitator dan tutor-tutor secara kelompok.

B. PELATIHAN BAGI BENDAHARA SEKOLAH
Pelatihan ini untuk bendahara sekolah agar memahami dan terampil mengelola keuangan sekolah serta hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan.

C. PELATIHAN AKUNTANSI KEUANGAN SEKOLAH
Pelatihan ini untuk bendahara sekolah bagian akuntansi agar faham dan terampil menyusun laporan keuangan sekolah. Pelatihan didesain dengan model ceramah dan studi kasus dengan dipandu oleh fasilitator dan tutor-tutor secara kelompok dan bantuan teknis menggunakan piranti lunak agar hasil pelatihan langsung diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Top of Form

Sumber:

http://cbe.klubguru.com/view.php?subaction=showfull&id=1221863000&archive=&start_from=&ucat=2&

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar